Pidato bahasa inggris tentang pendidikan karakter


Assalamualaikum wr. wb
The honorable  Principal of SMA Negeri 1 Belitang Jaya, the honorable all teacher and administration staff  of SMA Negeri 1 Belitang Jaya, the honorable  collage students from STKIP Nurul Huda, and all my dearest friends. First of all, let’s praise and gratitude to God who has given grace and favor so that we can all come together in this place in a healthy condition without any obstruction.
Ladies and Gentlemen,
In this nice occasion let me talk about the importance of character education for Indonesian people especially teenagers.
Ladies and Gentlemen,
Indonesia had been known as a civilized country since a long time ago, but in these few decades, this country gets moral degradation. therefore character education in Indonesia is absolutely needed to fix.
It is a deliberately effort of the whole dimension of life to form the character optimally. It is a basic concept that is applied to the thoughts of someone to make their physique, spiritual, and moral character become more meaningful. This character education should be given to a person’s mind from an early age, adolescents, and adults. So that we can form their characters become more valuable and immoral
Considering the basic concepts of character education that make up personality, it should be integrated into the curriculum in schools. We can integrate these values into school subjects through the methods of habituation, praise, and sanctions. There are 18 items of character values that can be given in the school including the discipline and honesty. Discipline is the main thing in achieving success. Those are very difficult to apply in daily life. So, there must be someone who plays a role in instilling these values. In the schools, the educational process should not only limited to learning the values of knowledge but it must be more emphasized on moral values, ethics, and aesthetics which is applied in everyday life. Therefore, character education requires synergistic cooperation between the different parties to obtain good results.
Ladies and Gentlemen
Let us together work actively to save this nation, especially for our young people who will be the nation’s next generation, from the degradation of moral. So that this nation can be equal with other developed nations.
Ladies and Gentlemen
So that is all the speech that I could deliver this time. Please forgive me if there is a mistake or offend someone in this speech. Thank you for the attention
Wasalamualaikum wr.wb





Arti Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Karakter
Assalamualaikum Wr. Wb
Yang terhormat Bapak kepala SMA Negeri 1 Belitang Jaya, yang  terhormati Bapak dan ibu guru SMA Negeri 1 Belitang Jaya, yang terhormat Mahasiswa STKIP Nurul Huda, serta teman-teman yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmat Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa ada halangan apapun.
Hadirin yang saya hormati,
Perkenankan lah saya dalam kesempatan ini untuk menyampaikan pidato tentang pentingnya pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia.
Hadirin yang saya hormati,
Negara Indonesia sejak dahulu telah dikenal sebagai Negara yang beradab, namun beberapa decade ini Negara kita mengalami kemunduran terutama dalam hal moral, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter bagi anak bangsa saat ini.
Pendidikan karakter adalah usaha secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan untuk membantu pembentukan karakter secara optimal. Pendidikan karakter adalah suatu konsep dasar yang diterapkan ke dalam pemikiran seseorang untuk menjadikan akhlak jasmani, rohani dan budi pekerti menjadi lebih berarti. Pendidikaan karakter ini haruslah diberikan kepada pikiran seseorang sejak usia dini, remaja hingga dewasa. Sehingga kita dapat membentuk karakter mereka menjadi lebih bernilai dan bermoral.
Mengingat konsep dasarnya yang membentuk kepribadian. Pendidikan karakter harus diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran di sekolah. Dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam mata pelajaran dengan metode-metode pembiasaan, pujian dan sanksi. Ada 18 butir nilai-nilai karakter yang dapat diberikan diantaranya adalah kedisiplinan dan kejujuran. Kedisiplinan adalah hal yang utama dalam mencapai kesuksesan. 2 butir nilai karakter ini sangat sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga harus ada seseorang yang berperan dalam menanamkan nilai-nilai terebut. Untuk mengupayakan nilai-nilai karakter dibutuhkan 3 komponen pendukung yaitu keluarga, guru, serta masyarakat. Pendidikan karakter di sekolah tidak hanya sebatas pada pembelajaran nilai-nilai pengetahuan akan tetapi lebih ditekankan kepada nilai-nilai moral, etika dan estetika yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pendidikan karakter ini memerlukan kerja sama yang sinergis antara bebagai pihak sehingga didapatkan hasil yang baik.
Bapak ibu guru dan temen-teman semua
Marilah kita bersama-sama ikut aktif menyelamatkan bangsa ini khususnya anak-anak muda kita yang akan menjadi penerus bangsa ini karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melakukannya. Sehingga bangsa ini dapat maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.
Hadirin yang saya hormati
Demikian lah pidato yang telah saya sampaikan. Saya memohon maaf bila terjadi kesalahan dalam penyampaian atau menyinggung seseorang didalam pidato ini. Terimakasih atas perhatiaanya.
Wasalamualaikum wr wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato Bahasa inggris tentang pengorbanan untuk sukses