RPP bahasa inggris kelas 1 semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                          : SMA N 1 Belitang Jaya
Matapelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2 (Wajib)
Materi Pokok               : “ TALKING MY IDOL”
Alokasi Waktu              : 2 JP (2x45 menit)

A.       KOMPETENSI INTI (KI)

         KI 1         : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
         KI 2         : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     : Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Kompetensi Dasar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi inter-personal dengan guru dan teman.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks peng-gunaannya.
4.13 Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
4.14 Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks




Indikator:
a.       Siswa memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks peng-gunaannya
b.      siswa dapat menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman  kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
c.       Siswa dapat menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu:
1. Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris terkait teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, kerjasama, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi terkait teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.
3.  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.
4.  Merespon makna teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.
5.  Menyusun teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa

D.     MATERI PEMBELAJARAN
I. Reading
Read the following text, and then answer the
READING COMPREHENSION

B.J. HABIBIE
Bacharuddin Jusuf Habibie known as BJ. Habibie was born on 25 June 1936. He was the Third
President of the Republic of Indonesia (1998–1999). Habibie was born in Parepare, South Sulawesi Province to Alwi Abdul Jalil Habibie and R.A. Tuti Marini Puspowardojo. His father was an agriculturist from Gorontalo of Bugis descent and his mother was a Javanese noblewoman from Yogyakarta. His parents met while studying in Bogor. When he was 14 years old, Habibie’s father died.Following his father’s death, Habibie continued his studies in Jakarta and then in 1955 moved to Germany. In 1960, Habibie received a degree in engineering in Germany, giving him the title Diplom-Ingenieur.
He remained in Germany as a research assistant under Hans Ebner at the Lehrstuhl und Institut für Leichtbau, RWTH Aachen to conduct research for his doctoral degree. In 1962, Habibie returned to Indonesia for three months on sick leave. During this time, he was reacquainted with Hasri Ainun, the daughter of R. Mohamad Besari. The two married on 12 May 1962, returning to Germany shortly afterwards. Habibie and his wife settled in Aachen for a short period before moving to Oberforstbach. In May 1963 they had their first son, Ilham Akbar Habibie, and later another son, Thareq Kemal Habibie.
When Habibie’s minimum wage salary forced him into part-time work, he found employment with the Automotive Marque Talbot, where he became an advisor. Habibie worked on two projects which received funding from Deutsche Bundesbahn. Due to his work with Makosh, the head of train constructions offered his position to Habibie upon his retirement three years later, but Habibie refused. Habibie did accept a position with Messerschmitt-Bölkow-Blohm in Hamburg. There, he developed theories on thermodynamics, construction, and aerodynamics known as the Habibie Factor,
Habibie Theorem, and Habibie Method, respectively. He worked for  Messerschmit on the development of the Airbus A-300B aircraft. In 1974, he was promoted to vice president of the company.
In 1974, Suharto requested Habibie to return to Indonesia as part of Suharto’s drive to develop the country. Habibie initially served as a special assistant to Ibnu Sutowo, the CEO of the state oil company Pertamina. Two years later, in 1976, Habibie was made Chief Executive Officer of the new state-owned enterprise Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). In 1978, he was appointed as Minister of Research and Technology. Habibie was elected vice president in March 1998. On 21 May 1998, Suharto publicly announced his resignation and Habibie was immediately sworn in as president. Habibie’s government stabilized the economy in the face of the Asian financial crisis and the chaos of the last few months of Suharto’s presidency. Since relinquishing the presidency, Habibie has spent more time in Germany than in Indonesia. However, he has also been active as a presidential adviser during Susilo Bambang Yudoyono’s presidency. In September 2006, he released a book called Detik-Detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi (Decisive Moments: Indonesia’s Long Road Towards Democracy). The book recalled the events of May 1998.
(Adapted from: http://en.wikipedia.org/wiki/B._J._Habibie)COMPREHENSION QUESTIONS

Task 1:
Form Completion
Fill in the blanks with information about B.J. Habibie mentioned in the reading text.

SHORT BIO
Name    : B.J. Habibie
Place of birth  : ________________________________________________
Date of birth  : ____________________________________________
Parents and Origins : ____________________________________________
Education  : ____________________________________________
Marriage date  : ____________________________________________
Name of wife  : ____________________________________________
Name of sons  : ____________________________________________
Work Experience  : ____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ____-___)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)
____________________________ (______ - ______)








Task 2:
Comprehension Questions
Answer the following questions by referring to the reading
text about B.J. Habibie.
1.  When did Habibie’s father die?
2.  Why did Habibie move to Germany?
3.  When did Habibie receive a degree in engineering in Germany?
4.  Why did Habibie remain in Germany after getting a degree?
5.  What happened to Habibie in 1962?
6.   Had Habibie met Ainun before meeting her in 1962?
7.   Where did the new couple settle in after getting married in May 1962?
8.   What was Habibie’s role in Talbot?
9.   What theory was developed by Habibie?
10.  What was Habibie’s first position when he returned to Indonesia?
11.  When was Habibie appointed CEO of IPTN?
12.  What had happened before Habibie was sworn in as a president?

E.      METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan       : Scientific approach (ILMIAH)
2.       Model                   :Problem Discovery  Based Learning
3.       Teknik                   : Diskusi dan penugasan

F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                   : Text Recount berjudul Bj. Habibie.
2.      Alat                        : Laptop, papan tulis, In focus dan Layar.              
3.      Sumber Pembelajaran   :
1. Buku Bahasa Inggris kelas X semester Genap Kurikulum 2013.

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1 (Waktu: 2 x 45 Menit)
1.       Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.    Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
  b. Memberi motivasi belajar
c.     Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti :
-  Do you have a Person you like very much?
- Suppose you are talking with him/her. What are you going to ask about him/her?
d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
(Based on my questions previously, Now, please guess! what topic are we going to discuss today?)
e.      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
(Yaitu materi tentang cerita lampau kejadian atau pengalaman (text recount), bagaimana fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan tata bahasa, dsb)




2.       Kegiatan Inti (65 menit)
Mengamati
·       Siswa melihat gambar salah satu tokoh Bangsa Indonesia.
·       Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi nama tokoh dan identitas lainnya yang diketahui.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks Recount yang akan dipelajari dan menanyakan apa jenis text yang akan dipelajari berkenaan dengan gambar.
Mengumpulkan Informasi
·       Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa kata sulit pada texts dengan berbagai sumber, seperti kamus, dsb.
·       Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tentang pengalaman/biografi.
·       Siswa membaca teks tentang Biografi tokoh, secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-     fungsi sosial teks
-     orang(-orang) yang terlibat, tempat, waktu, dsb dari peristiwa/kejadian/ pengalaman yang akan disampaikan
-     urutan kejadian secara kronologis, urut dan runtut
-     komentar atau penilaian umum tentang peristiwa/kejadian/pengalaman yang telah disampaikan (opsional, jika ada)
-     kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·       Secara kolaboratif siswa mengisi biografi tokoh yang masih kosong berdasarkan informasi yang tersedia pada text.
Mengasosiasi
·       Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount tentang peristiwa/kejadian/ pengalaman yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks-teks yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan
·       Siswa perwakilan kelompk  membacakan Biografi tokoh yang telah dilengkapi sesuai dengan informasi pada teks.
·       Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam merespon makna yang terdapat pada teks tentang peristiwa/kejadian/ pengalaman dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

3.    Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas untuk membuat sebuah text recount berisi biografi masing-masing.







G.     PENILAIAN
1. Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks recount tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa sederhana.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa dalam teks recount.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, kerapihan tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa dalam teks recount.

2. Jenis/teknik penilaian
-          tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.  
Sikap:
-       observasi, penilaian diri, teman sejawat (capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temnnya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
-  Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan & penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjuk kerja/Praktik, jurnal.

3. Bentuk instrumen dan instrumen
Reading Comprehension (diberikan sebuah text recount tentang Biografi Bj. Habiebie) dan Membuat Biografi tentang tokoh sesuai dengan text

1.       Pedoman penskoran
Rubrik
a.    Aspek Sikap
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

2.
Bertanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab

3.
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama

4
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang disiplin percaya diri
1: tidak pernah percaya diri


b.    Aspek Pengetahuan

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1  = tidak memahami








c . Aspek Keterampilan

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat



Karsajaya,   Agustus 2016

Mengetahui                                                                                      
Kepala SMA Negeri 1 Belitang Jaya                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Tukidi, MM.                                                                                     Hendra Heriyanto, S. Pd.
                                                                        

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato Bahasa inggris tentang pengorbanan untuk sukses