RPP bahasa inggris kelas X semester 1
RPP bahasa inggris kelas X semester 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA N 1 BELITANG JAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Responding
to initial greetings
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji,
dan membatal-kan janji
3.1 Mengung-kapkan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (
bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara
akurat, lancar dan berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan
sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah,
menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Merespon dengan benar terhadap tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah .
|
Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
mandiri
|
Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan,
bertemu dan berpisah .
·
Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
E. Materi Pokok
Responding to initial greetings
-
very
well, thank you and how are you.
- I’m good/okay/alright
- Very well. Thank you
- Oh, pretty good
- Not to bad, thanks
- Fine, thanks.
- exellent
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya
jawab tentang tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas
unsur dan langkah retorika dalam pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§ Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§ Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan
kelompok belajarnya
§ Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§ Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§ Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan
ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan:
santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan:
disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§ Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memberikan kesempatan pada peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa diminta membahas contoh soal
dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan siswa membuat kalimat pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas
mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan umpan balik pada siswa dengan
memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan
tugasnya.
§
Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang
sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang
dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai
pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
§
Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku Look
Ahead 1 , English for Better Life
§ Buku
Inter-Language Kelas X
§ Kaset/CD
§ Tape
§ Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon dengan benar terhadap tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah .
Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Read
and give a response to the following expressions.
To
end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
Read
and give a response to the following expressions.
1.
How are you doing ?
2.
Hello,
3.
see you tomorrow
4.
goodbye
5.
see you about seven, then.
6.
good night
7.
see you later
8.
how do you do ?
9.
see you soon.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect
of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|||
2
|
Intonation
|
|||
3
|
Stress
|
|||
4
|
Gestures
|
|||
Total
|
||||
Total
Score
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. IMAM THABRANI,MM
NIP.196411181991031007
|
Guru Mapel Bahasa Inggris,
HENDRA HERIYANTO, S.Pd
NIP. 198506252011011007
|
Komentar
Posting Komentar